Cerita Rakyat dan Motivasi China »

| One Comment | 11,735 views

*** Menggantungkan Lentera Merah ***
Menjelang akhir Dinasti Ming, perampok “Da shing King (闖王)” Li Zi cheng (李自成) dan anak buahnya berencana menyerah kota Kaifeng (開封), salah satu Kota yang sangat besar waktu itu. Da shing …

Read the full story »
Cerita Rakyat Nusantara

kumpulan cerita rakyat, legenda dari seluruh wilayah di indonesia

Cerita Rakyat & Motivasi Luar Negeri

kumpulan cerita rakyat dan motivasi dari china, america, dari negara – negara laen di luar Indonesia

Mitos | Myth

Kumpulan cerita Mitos dan Myth yang masih belum di ketahui kebenarannya

Dongeng | Cerita Anak

kumpulan cerita dongeng, cerita anak untuk memberikan inspirasi dan motivasi

Cerita Motivasi

Kumpulan Cerita Motivasi dan Inspirasi, membuka wawasan dan pengetahuan kita dengan bijak

Home » Cerita Rakyat Nusantara

Asal Usul Danau Toba

Submitted by No Comment | 8,564 views

asal usul danau toba

*** Asal Usul Danau Toba ***

Cerita rakyat Sumatra Utara Asal Usul Danau Toba – Dahulu kala di daerah Sumatera Utara hiduplah seorang petani yang hidup sendiri dan sebatang kara. Setiap hari ia bekerja menggarap lading di sawahnya. Suatu hari petani tersebut pergi mencari ikan untuk lauknya di sungai dekat tempat tinggalnya. Setelah sesampainya di sungai, petani tersebut langsung melemparkan kailnya. Tak lama setelah menunggu kailnya dimakan ikan, tiba – tiba kail yang dilemparkannya tadi bergoyang-goyang. Petani tersebut terkenjut dan nampak senang, dengan cepat ia menarik kailnya, nampaklah ikan yang sangat besar dan cantik.

Sewaktu akan memasukkan ikan tersebut ditempayan ikan, tiba – tiba terdengar suara. “Jangan makan aku Pak!! Biarkan aku hidup”. Petani itu menjadi terkejut karena suara itu berasal dari Sang ikan. Karena ketakutan petani tersebut melempar ikan tangkapannya kembali ke sungai. Tapi ikan tersebut berubah menjadi seorang wanita cantik.

cerita rakyat danau tobaKarena rasa terima kasih wanita itu terhadap petani tersebut, maka wanita cantik tersebut rela di jadikan istri oleh Sang petani, dengan syarat Sang petani tidak boleh menceritakan asal – usul Sang istri.

Pernikahan keduanya pun terlihat harmonis dan bahagia, setelah beberapa waktu berlalu sejak pernikahan mereka, akhirnya  istri Petani melahirkan seorang bayi laki-laki yang membuat bertambahnya kebahagiaan mereka berdua. Anak mereka tumbah menjadi pemuda tampan dan kuat, tetapi ada kebiasaan yang membuat heran semua orang. Anak tersebut selalu merasa lapar, dan tidak pernah merasa kenyang. Semua jatah makanan dilahapnya tanpa sisa.

Kemudian, suatu hari anak petani itu disuruh pergi oleh ibunya untuk mengirim bekal makanan untuk ayahnya yang sedang bekerja di sawah. Tetapi ditengah perjalanan karena kebiasaannya yang aneh yaitu selalu lapar, maka semua makanan untuk ayahnya dilahap habis, dan setelah itu Ia beristirahat dan tidur di sebuah gubug dekat sawah ayahnya. Pak tani yang menggunggu terlalu lama kedatangan anaknya, akhirnya ia memutuskan untuk langsung pulang ke rumah, dengan menahan haus dan lapar. Tetapi sewaktu cerita rakyat danau tobaperjalanan pulang, pak tani melihat anaknya sedang tidur pulas di sebuah gubug. Lalu, dengan amarahnya Pak tani tersebut langsung membangunkan anaknya. “Hey, bangun!, teriak Pak petani.

Dengan terkejut anaknya lalu terbangun, Pak tani itu langsung menanyakan makanannya. “Mana makanan buat ayah?”, Tanya Pak tani. “Sudah habis kumakan”, jawab si anak. Dengan nada tinggi petani itu langsung memarahi anaknya. ” Tak tahu diri! Anak tidak tau diuntung ! Dasar anak ikan!,” tanpa sadar Pak tani tersebut telat melanggar perjanjian dengan istrinya yang dia uncapkan sebelum menikah.

Dengan Seketika anak dan istri Pak tani tersebut menghilang, dan dari tempat Pak tani tersebut menginjakkan kakinya, tiba-tiba keluar air yang makin lama meluap sangat luas dan tinggi hingga membentuk sebuah danau atau telaga, Yang akhirnya luapan air tersebut oleh orang – orang dearah sana disebut dengan nama Danau Toba.

 

Tags: ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*