Cerita Rakyat dan Motivasi China »

| One Comment | 12,079 views

*** Menggantungkan Lentera Merah ***
Menjelang akhir Dinasti Ming, perampok “Da shing King (闖王)” Li Zi cheng (李自成) dan anak buahnya berencana menyerah kota Kaifeng (開封), salah satu Kota yang sangat besar waktu itu. Da shing …

Read the full story »
Cerita Rakyat Nusantara

kumpulan cerita rakyat, legenda dari seluruh wilayah di indonesia

Cerita Rakyat & Motivasi Luar Negeri

kumpulan cerita rakyat dan motivasi dari china, america, dari negara – negara laen di luar Indonesia

Mitos | Myth

Kumpulan cerita Mitos dan Myth yang masih belum di ketahui kebenarannya

Dongeng | Cerita Anak

kumpulan cerita dongeng, cerita anak untuk memberikan inspirasi dan motivasi

Cerita Motivasi

Kumpulan Cerita Motivasi dan Inspirasi, membuka wawasan dan pengetahuan kita dengan bijak

Home » Dongeng | Cerita Anak

Pangeran Katak

Submitted by No Comment | 10,279 views

Pangeran Katak

Di Sebuah kerajaan, hiduplah seorang raja yang mempunyai anak – anak yang cantik, tetapi di antara semua anak – anak nya siPangeran katak | Frog Prince bungsulah yang paling cantik. Ia bernama Mary. Di dekat istana raja terdapat hutan yang luas serta lebat dan di bawah satu pohon limau yang sudah tua ada sebuah sumur. Di tengah hari yang panas, Putri Mary pergi bermain menuju hutan, sambil bermain bola emas melemparkannya tinggi-tinggi lalu ia tangkap kembali.

Namun, pada waktu dia bermain bola, Bola itu kemudian terjatuh dan menggelinding ke arah telaga, bola terus bergulir hingga akhirnya lenyap hingga masuk di telaga yang dalam. Sang Putri pun mulai menangis, dan semakin lama tangisannya makin keras. Pada waktu ia masih menangis, terdengar suara seseorang berbicara padanya,”Hal apa yang membuatmu menangis tuan putri? Tangisan tuan Putri sangat membuat saya terharu… Sang Putri kebingungan mendengar suara itu, karena tidak ada siapapun di sekelilingnya, dengan terkejut dia melihat katak, lalu berkata. “Oh… apakah engkau yang berbicara dengan aku katak? Aku tadi menangis karena bola emasku terjatuh ke dalam telaga”. “Berhentilah menangis”, kata sang katak. Aku akan membantumu mengambil bola emasmu yang terjatuh, tapi engkau harus memberikan sesuatu kepadaku!!”, lanjut sang katak.

Pangeran katak | Prince Frog“Apapun yang kau minta akan aku berikan kepadamu.”, kata sang putri. Sang katak menjawab, “bukan harta yang aku inginkan, tapi aku ingin kau mau menjadi teman, mendampingimu makan dan minum. Jika kau berjanji memenuhi semua keinginanku, aku akan masuk ke dalam telaga dan mengambilkan bola emasmu”, kata sang katak. “Baik, aku janji akan memenuhi semua yang kau inginkan, tapi jika kau berhasil mengambil bola emasku.” Kata Sang putri sambil berpikir, bagaimana mungkin seekor katak yang bisa berbicara dapat hidup di darat dalam waktu yang lama?? Setelah sang putri berjanji, sang katak menyelam ke telaga dan dalam waktu singkat ia kembali ke permukaan sambil membawa bola emas di mulutnya.

Sang Putri merasa sangat senang karena bola emasnya dapat kembali. Sang Putri segera mengambil bola emasnya dan berlari pulang. Sang katak pun terkejut dan berusaha mengejar Sang putri. Karena tidak dapat mengejar Sang putri Sang katak merasa sangat sedih dan kembali ke telaga.

Keesokan harinya, ketika Sang Putri sedang duduk bersama ayahnya, terdengar suara  ketukan pintu dan tangisan,”Putri, putri… bukakan pintu untukku”. Sang putri bergegas menuju pintu. Ketika Sang putri membuka pintu, ia terkejut karena ada sang katak. Karena kaget ia segera menutup pintu keras-keras. Sang Raja yang melihat Sang putri, lalu bertanya kepadanya,”Apa yang engkau risaukan putriku? Apakah ada hantu yang membuatmu ketakutan? “Bukan ayah, bukan seorang hantu tapi seekor katak”, kata sang putri. “Apa yang ia inginkan dari?” tanya sang Raja kepada putrinya.Pangeran katak | Frog Prince

Kemudian sang Putri bercerita tentang kejadian yang menimpanya. “Aku tidak pernah berpikir ia akan datang ke istana..”, kata sang Putri. Setelah sang Putri bercerita, terdengar suara ketukan di pintu dan tangisan lagi. Lalu, sang Raja berkata pada putrinya,”apa yang engkau janjikan haruslah ditepati. Ayo, bukakan pintu untuknya”. Dengan hati yang berat, sang Putri membukakan pintu, dengan segera sang Katak segera masuk dan mengikuti sang Putri.

Tetapi Sang Putri bergegas lari ke kamarnya. Kini ia merasa lega bisa melepaskan diri dari sang katak. Namun, tiba-tiba, ketika hendak membaringkan diri di tempat tidurnya…. Terdengar suara “Kwoook!” sang Katak sudah berada di atas tempat tidur.  Putri Mary sangat marah, lalu melemparkan sang Katak ke lantai. Bruuk! Ajaib, tiba-tiba asap keluar dari tubuh katak. Dari dalam asap muncul lah seorang pangeran yang gagah. “Terima kasih Putri Mary… kau telah menyelamatkanku dari sihir seorang frog prince | Pangeran katakpenyihir yang jahat. Karena kau telah melemparku, sihirnya lenyap dan aku kembali ke wujud semula.” Kata sang pangeran. “Maafkan aku karena telah mengingkari janji,” kata sang putri dengan penuh sesal. “Aku juga minta maaf. Aku sengaja membuatmu marah agar kau melemparkanku,” sahut sang Pangeran. Waktu berlalu begitu cepat. Akhirnya sang Pangeran dan Putri Mary mengikat janji setia dengan menikah dan merekapun hidup bahagia.

Pesan moral : Jangan pernah mempermainkan sebuah janji dan pikirkanlah dahulu janji-janji yang akan kita buat. Dan tepatilah janjimu.

Tags: ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*