Cerita Rakyat dan Motivasi China »

| One Comment | 11,439 views

*** Menggantungkan Lentera Merah ***
Menjelang akhir Dinasti Ming, perampok “Da shing King (闖王)” Li Zi cheng (李自成) dan anak buahnya berencana menyerah kota Kaifeng (開封), salah satu Kota yang sangat besar waktu itu. Da shing …

Read the full story »
Cerita Rakyat Nusantara

kumpulan cerita rakyat, legenda dari seluruh wilayah di indonesia

Cerita Rakyat & Motivasi Luar Negeri

kumpulan cerita rakyat dan motivasi dari china, america, dari negara – negara laen di luar Indonesia

Mitos | Myth

Kumpulan cerita Mitos dan Myth yang masih belum di ketahui kebenarannya

Dongeng | Cerita Anak

kumpulan cerita dongeng, cerita anak untuk memberikan inspirasi dan motivasi

Cerita Motivasi

Kumpulan Cerita Motivasi dan Inspirasi, membuka wawasan dan pengetahuan kita dengan bijak

Home » Cerita Rakyat Nusantara

Legenda Candi Prambanan

Submitted by One Comment | 8,903 views

candi prambananDahulu kala di tanah air Nusantara Indonesia, terdapat sebuat kerajaan bernama Prambanan. Kerajaan sangat makmur dan besar. Tetapi Setelah beberapa tahun kemudian Kerajaan tersebut diserang oleh negeri Pengging. Kerajaan tersebut hilang ketentramannya. Dan akhirnya kerajaan Prambanan diambil alih oleh Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso merupakan seorang pemerintah yang kejam. Bandung Bondowoso adalah seorang yang sakti. Setelah beberapa lama memerintah di Kerajaan Prambanan, suatu ketika Bandung Bondowoso jatuh cinta kepada  Loro Jonggrang, putri Raja Prambanan.

Pada Suatu hari, Bandung Bondowoso menginginkan Loro Jonggrang untuk menjadi permaisurinya . Karena takut Bandung Bondowoso akan marah besar dan membahayakan keluarganya serta rakyat Prambanan, maka Loro Jonggrang berfikir sejenak dan memberikan persyaratan kepada Bandung Bondowoso, yaitu Bandung Bondowoso harus dapat membuatkan candi yang jumlahnya 1000 buah. Mendengar permintaan Loro Jonggrang, Bandung Bondowoso sangat terkejut, dan berfikir sejenak. Dia berfikir bahwa, Ia dapat membuat 1000 buah candi tersebut dengan bantuan Jin. Maka, setelah itu Bandung Bondowoso pun menyetujui keinginan Loro Jonggrang.

Setelah harinya tiba, Bandung Bondowoso menggunakan kesaktian yang dia punya lalu memanggil para Jin, dan dengan segera Ia menyuruhnya membantu dia membangun 1000 candi, dengan segera para pasukan Jin segera bergerak ke sana kemari, melaksanakan tugasnya masing-masing. Dalam waktu singkat bangunan candi sudah tersusun.

Sementara itu, dari kejauhan Loro Jonggrang diam-diam mengamati Bandung Bondowoso. Ia cemas, karena mengetahui Bondowoso dibantu oleh pasukan jin. Ia segera mencari akal, dan akhirnya Ia menyuruh Para dayang kerajaan mengumpulkan jerami, dan membakar Jerami tersebut. Sebagian dayang lainnya disuruhnya menumbuk lesung. Dan semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga mirip seperti fajar yang menyingsing.

legenda candi prambananPasukan jin mengira fajar sudah menyingsing. “Wah, matahari akan terbit!” seru jin. “Kita harus segera pergi sebelum tubuh kita dihanguskan matahari,” sambung jin yang lain. Para jin tersebut berhamburan pergi meninggalkan tempat itu. Bandung Bondowoso kebingungan melihat kepanikan pasukan jin.

Paginya, Bandung Bondowoso mengajak Loro Jonggrang ke tempat candi. “Candi yang kau minta sudah berdiri!”. Loro Jonggrang segera menghitung jumlah candi itu. Ternyata jumlahnya hanya 999 buah! “Berarti tuan telah gagal memenuhi syarat yang saya ajukan” kata Loro Jonggrang. Bandung Bondowoso terkejut mengetahui kekurangan itu. Ia menjadi sangat murka, dan mengubah Loro Jonggrang menjadi patung batu. Sampai saat ini candi-candi tersebut masih ada dan disebut Candi Loro Jonggrang. Karena terletak di wilayah Prambanan, Jawa Tengah, Candi Loro Jonggrang dikenal sebagai Candi Prambanan

 

Tags: ,

One Comment »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

*